Breaking News
Loading...
Sunday 20 July 2014

Perawat kerjaan yang Stress

Banyak orang mengira menjadi seorang perawat adalah pekerjaan yang menyenangkan. tapi tidak semua benar karena sebenarnya menjadi seorang perawat membutuhkan skills dan juga mental yang kuat. tergantung dari bagaimana individu yang bersangkutan tersebut menanggapinya. stress yang di dapat bisa dari pekerjaan yang berat (workload) seperti banyaknya order dari dokter yang harus dilakukan, stress dari pasien atau keluarganya yang cerewet (high demand) ataupun stress dari teman kerja terutama kepada perawat baru yang biasanya suka di-bully oleh para senior-senior mereka. selain itu, kurangnya pengetahuan dan skills juga akan berpengaruh kepada pekerjaan tersebut. 
untuk menanggulangi supaya stress yang dirasakan tidak terlalu berdampak dalam diri kita berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan

1.  jika stress itu berasal dari kurangnya pengetahuan/ skills (lack of skills or lack of knowledge)

Banyak-banyaklah membaca buku tentang masalah kesahatan seperti membaca tentang penyakit-penyakit, obat-obatan dan juga basic nursing skills secara teori. untuk masalah skills, anda harus banyak praktek di clinical area atau tempat kerja anda.

2. Stress dari beratnya pekerjaan

dimanapun kita bekerja kita pasti akan merasakan stress. tapi untuk hal ini, anda bisa mengatasinya dengan bekerja dengan senyum. saat kita stress pikiran kita tidak akan fokus dan banyak hal yang akan kita lupakan yang menyebabkan error terjadi. jadi usahakanlah untuk tetep relax dan tenang saat bekerja. bila anda butuh bantuan jangan sungkan untuk bertanya kepada teman atau senior anda

3. stress karena teman kerja yang tidak menyenangkan

setiap orang ingin dirinya dipandang dan naik pangkat. sebagian dari mereka ada yang menunjukkannya dengan menjadi orang yang sok pandai ataupun sok hebat. beberapa perawat baru mungkin akan sering mengalami di-bully oleh perawat-perawat seniornya. hal ini sangat mempengaruhi terhadap kinerja perawat baru tersebut. salah satu cara untuk menanggapi masalah ini adalah dengan "cuek" anda tidak perlu mendengarkan perkataan senior anda jika hal itu tidak membantu anda untuk lebih baik. kerjakan apa yang menurut anda benar. jika anda merasa dibenci oleh semua orang, ingatlah bahwa anda tidak bekerja untuk mereka. anda bekerja untuk keluarga anda. di balik kesulitan pasti ada kesenangan. berusaha tegar dan tidak mudah menyerah. 

selain dari pada cara di atas, cara yang paling utama adalah dengan berdoa kepada Tuhan anda menurut kepercayaan masing-masing. karena tidak ada kekuatan lain selain kekuatan Tuhan.ingatlah bahwa manusia di dunia ini tidak ada apa-apanya dari pada Tuhan. 

semoga tips ini bisa membantu anda untuk mengurangi stress dalam dunia pekerjaan anda :)   

0 comments:

Post a Comment

Please leave a comment here :)

Copyright © 2013 QHJ_life All Right Reserved | Share on Blogger Template Free