Breaking News
Loading...
Thursday 14 August 2014

Tips Menurunkan Suhu Badan (Fever)

Setiap kali sakit badan kita biasanya merespon dengan naiknya suhu badan (panas/demam). menurut pengalaman pribadi saya yang baru sembuh dari sakit, saya mau memberi beberapa tips tentang cara menangani suhu tubuh yang tinggi.

1. Makan Obat anti-pyretic 

Obat seperti paracetamol baik tablet ataupun sirup dapat mmebantu menurunkan suhu tubuh anda. makanlah obat tersebut sesuai aturan. biasanya dokter akan prescribe 3-4x sehari.

2. Kompres

Beberapa orang menyarankan untuk dikompres dengan air dingin atau air es dan beberapa orang juga menyarankan untuk kompres menggunakan air hangat. saya sudah mencoba keduanya dan hasilnya memang saat kita menggunakan air hangat akan lebih cepat mengeluarkan panas. Tubuh kita akan mengeluarkan keringat yang sangat banyak dan akhirnya suhu tubuh menurun.

3. Minum air hangat

Teh hangat juga bisa menjadi salah satu alternatif saat anda sakit. seperti yang saya sebutkan diatas, hal ini jg berlaku untuk menghangatkan tubuh kita dari dalam. usahakan untuk tidak minum air es saat anda demam karena hal ini justru akan memperburuk kondisi tubuh anda

4. Makan yang Teratur

Saya memahami bahwa saat anda sedang tidak enak badan, nafsu makan andapun berkurang. tetapi usahakan untuk tetap makan walaupun hanya beberapa sendok. jika anda merasa mual dan muntah, cobalah "small frequent meal" makan sedikit demi sedikit tapi sering. cobalah untuk makan setiap 1-2 jam sekali dengan porsi kecil. hal ini sudah saya terapkan dan hasilnya perut saya bisa mentoleransi makanan tersebut.

5. Istirahat yang cukup

Tidurlah lebih banyak saat tubuh anda merasa kurang sehat. jangan memaksakan diri untuk bekerja atau bersekolah. istirahat yang cukup akan membantu tubuh anda untuk mengembalikan energi.

semoga bermanfaat :)

0 comments:

Post a Comment

Please leave a comment here :)

Copyright © 2013 QHJ_life All Right Reserved | Share on Blogger Template Free