Breaking News
Loading...
Friday 3 October 2014

Makanan Bagi Penderita Kolesterol

Bagi penderita kolesterol banyak makanan makanan yang harus dihindari. sering kali anda lupa tentang mana makanan yang boleh dikonsumsi dan yang tidak boleh dikonsumsi. berikut saya akan menjelaskan tentang makanan apa saja yang boleh anda konsumsi dan yang tidak boleh anda konsumsi.

Makanan yang harus dihindari bagi penderita kolesterol


1. Makanan Laut / Sea food
Makanan laut seperti cumi-cumi, kepiting, udang, tiram, remis, lobster dan salmon walaupun memiliki kandungan gizi yang tinggi, makanan ini juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi pula.

2. Kacang-kacangan
bagi anda penggemar kacang-kacangan dan memiliki kolesterol yang tinggi, makanan ini sebaiknya anda kurangi atau bahkan anda jauhi. selain itu, tempe dan tahu juga harus anda  jauhi karena tempe dan tahu juga dibuat dari kacang-kacangan yakni kacang kedelai

3. Telur
Telur adalah makan  yang kaya akan protein. tapi tau kah anda bahwa 1 kuning telur mengandung 2000 mg kolesterol. jika anda ingin mengkonsumsi telur, sebaiknya konsumsi bagian putihnya saja karena bagian ini mengandung 0 kolesterol.

4. Jeroan
Hati, ampela atau bagian-bagian organ dalam pada ayam atau hewan-hewan lainnya harus anda jauhi. Kandungan purin yang tinggi sangat tidak baik terutama bagi anda penderita asam urat dan kolesterol tinggi.

5. Olahan Nabati dan Hewani
Makanan Nabati seperti santan dan minyak sebaiknya anda kurangi mulai dari sekarang, jauhi makanan-makanan gorengan yang memiliki kadar minyak yang tinggi. sedangkan olahan hewani seperti susu, mentega, margarin dan cream hewani juga sebaiknya mulai anda tinggalkan.

6. Fast Food
kesibukan kerja anda jangan sampai membuat anda mengunjukin tempat-tempat penjualan fast food. taukah anda bahwa fast food memiliki kandungan kolesterol yang terbesar? bahkan makanan ini dapat membuat anda menjadi obesitas. 

Makanan yang dianjurkan bagi penderita kolesterol


1. Buah-Buahan
Buah-buahan yang paling dianjurkan bagi penderita kolesterol adalah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti strawberry, blackberry, cranberry, mangga, jeruk dan anggur.

2. Sayur-sayuran
Konsumsilah sayuran yang banyak mengandung betakaroten seperti brokoli, wortel dan labu.

3. Minyak Zaitun
kandungan vitamin E dan asam lemak tak jenuh tunggal pada minyak zaitun ini bisa menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan menaikkan HDL (kolesterol baik). anda bisa mengkonsumsinya dg mencampurkannya dengan salad sayur atau buah.

4. Ikan beromega 3
Beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna dan ikan sarden yang kaya akan omega 3 terbukti dapat menjaga kesehatan jantung anda. dengan pengolahan ikan yang benar, ikan-ikan jenis ini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda

5. Gandum Oatmeal
Sudah banyak orang yang telah membuktikan manfaat gandum oatmeal bagi kesehatan terutama bagi para penderita kolesterol tinggi. kandungan yang serat yang tinggi juga baik bagi pencernaan. Gandum oatmeal mampu menjaga kesehatan jantung dan juga menurunkan kadar klesterol dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi oatmeal ini sebagai menu sarapan anda.

6. Bawang Putih
Bawang putih dapat membantu dalam metabolisme dalam tubuh dengan cara mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

0 comments:

Post a Comment

Please leave a comment here :)

Copyright © 2013 QHJ_life All Right Reserved | Share on Blogger Template Free