Breaking News
Loading...
Thursday 2 October 2014

Mengatasi Sembelit / Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar atau sembelit memang sangat menjengkelkan bukan? perut terasa sakit dan terlihat besar. tentu saja hal ini juga dapat mempengaruhi tingkat percaya diri anda. selain itu, buang air besar yang tidak lancar juga dapat menimbulkan penyakit seperti Intestinal Obstruction bahkan kanker usus. Berikut adalah beberapa tips untuk memperlancar buang air besar:

1. Memperbanyak makan makanan berserat tinggi

Buah-buahan berserat tinggi seperti apel, pepaya, pisang dan alpukat baik untuk pencernaan sehingga mampu membatu kinerja usus dan melancarkan buang air besar. konsumsi buah-buahan kaya akan serat setiap harinya. selain itu, sayur-sayuran seperti kol, brokoli, bayam dan jagung juga baik untuk pencernaan anda.

2. Memperbanyak minum air putih

Air putih juga baik untuk memperlancar sistem pencernaan. selain untuk menghindari dehidrasi dan kesehatan kulit, memperbanyak minum air putih juga baik untuk organ-organ tubuh kita seperti ginjal dan usus. konsumsi air paling tidak 1,5L per hari dan 1 gelas air saat bangun tidur.




3. Olahraga Teratur

Dengan berolahraga, metabolisme didalam tubuh akan semakin cepat, sehingga sistem pencernaan juga akan semakin sehat. coba untuk berolahrga seperti lari-lari keci, sit up atau senam selma 30 menit setiap harinya.

4. Obat (Lactulose/Senna)

Mengjonsumsi obat-obatan memang bukan cara yang dianjurkan. akan tetapi jika sistem pencernaan belum juga membaik, ada kalanya obat-obatan juga penting untuk membantu kelancaran pencernaan anda. 


0 comments:

Post a Comment

Please leave a comment here :)

Copyright © 2013 QHJ_life All Right Reserved | Share on Blogger Template Free